Senin, 04 April 2011

Potensi Energi Panas Bumi di Indonesia


Metro TV : Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Kementrian ESDM, Luluk Sumiarso mengatakan, Indonesia memiliki Sumber Panas Bumi yang Sangat Melimpah dan merupakan Potensi Panas Bumi Terbesar di Dunia.

Penyebaran tersebut terdapat di sepanjang jalur sabuk gunung api aktif mulai dari Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi Utara dan Maluku.


Namun ironisnya saat ini sekitar 34 persen masyarakat Indonesia belum mendapatkan Pasokan Listrik. Padahal dari sekian banyak Sumber Energi Alternatif, Panas Bumi merupakan Sumber Energi Alternatif yang Sangat Potensial untuk Dikembangkan, hingga bisa disalurkan dalam bentuk Listrik kepada masyarakat.


Dari 276 Titik Potensi Panas Bumi di seluruh wilayah Indonesia, memiliki Potensi Listrik sebesar 29.038 Mega Watt atau 40% dari Potensi Panas Bumi Dunia. Sayangnya hanya sekitar 4 persen yang dimanfaatkan untuk Pembangkit Listrik.


Selain itu Pengembangan Panas Bumi saat ini masih terhambat Kesulitan penggunaan Kawasan Hutan, serta masalah Perizinan yang rumit. Untuk itu diperlukan dukungan Payung Hukum terkait Pengunaan Kawasan Hutan Konvervasi yang mendukung Perizinan.


Sementara itu untuk mendukung Visi Energi Terbarukan 2025, Kementrian ESDM akan Melelang Sembilan Wilayah Kerja Pertambangan Panas Bumi yang tersebar di wilayah Indonesia.

Semoga Indonesia dapat menjadi salah satu Pemasok Utama Energi Panas Bumi di Masa Depan.
Amien Ya Robbal 'Alamien.

Tidak ada komentar: